Kamis, 07 Januari 2016


 

                                                MAKALAH PKL


Assalamualaikum.Wr.Wb


 Okey ,sebelum saya menjelaskan dan bercerita tentang kegiatan PKL saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu  . . .
yaa, perkenal kan nama saya irda mahartatik umur 16 alamat rumah majegan, tulung ,klaten . Sekolah SMK NEGERI 1 TULUNG kelas XI TKJ c .
saya menjalani kegiatan prakerin di Indonesia Corner (ID CORNER ) alamat nya jalan Pramuka No.48 Klaten Tengah . Sebelum masuk materi saya memiliki sebuah pertanyaan> 1. Berapa banyak buku yang kalian baca pada setahun terakhir kemarin?? coba dah dipikir dulu . kalo udah ada jawbannya komen .
 ya itu dijawab nanti aja

Tanggal 4 januari 2016

Hari pertama saya PKL ,dengan semngat saya berangkat ke tempat prakerin . Yah pertamanya sih belum ada kegiatan rutin nan atau kegiatan prakerin yah samapi jam istirah , tapi setelah jam istirahat beberapa teman saya di ajak membeli UPS di jogja. Ya ketika itu saya sedang makan jadi saya memlilih tidak ikut ,
   Sampai menjelang pulang mereka belum pulang ,ya sudah ditinggal saja .

Tanggal 5 Januari 2016

 Ini adlah hari kedua saya Prakerin , jam setenagah 9 saya disuruh masuk ruangan dan diberi beberapa pertanyaan. ya aku mungkin lupa dan tidak bisa menjawab pertanyaan karena kurang belajar .
kemudian saya dan teman2 diberi tugas sendiri . saya mendapat tugas membuat makalah tentang SWICTH & HUB lalu di kirim lewat emailnya koco@idcorner.co.id . Setelah dikirim kita di minta mempresentasi kan hasil nya didepan temen temen . INI SEDIKIT MATERI NYA
Materi tentang swicth dan hub
         

Swicth adalah sebuah perangkat keras yang mampu mendistribusikan paket data antara komputer dalam jaringan . Swicth juga mampu mengenali banyak layer sehingga paket data dapt langsung dikirim kan.
#Kelebihan swicth yaitu proses pengiriman file hanya yang dituju yang memperoleh dengan jaringan yang berbeda dan proses pengirimanya lebih aman dari aksi pencurian data.

#Kelemahannya yaitu memotong penggunaan bandwith jaringan secara signifikan. Harganya lebih mahal dari Hub ,karena swicth perkembangan dari Hub.

 Hub adalah perangkat yang sederhana ,hub tidak mengatur jalannya data dalam jaringan komputer jadi paket data yang dikirim melalui hub akan dikirim secara broadcast kesemua port sehingga sampai tujuan. hub dapat memproses pengiriman file untuk semua.
proses pengiriman file kesemua membuat jaringan mnjadi lambat.
Hub juga sering disebut repeater. repeater yaitu suatu perangkat yang dipasang dititik tertentu dalam jaringan .

#Kekurangan hub, karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasi juga harus dibagi dengan hub lainya jugaa.#Kelebihan pengguna dapat berbagi data pada jalur yang sama karena memiliki banyak port .Hub memiliki port 4 sampai 24 ditambah 1 untuk server nya ata hub lain.

Tanggal 6 Januari (rabu )

Hari itu saya diberi materi mengenai Setting Mikrotok SXT . Menghubungkan SXT dengan internet .Penjelasan mengenai pembuatan jaringan personal dirumah atau instalasi .Penjelasan sedikit mengenai sisco paket tracer.
 SXT adalah alat yang digunkn untuk menerima data dari pemancar sinyal dari ISP atau menerima internet, Setting jaringan dengan SXT hampir sama dengan RouterBoard mikrotik yang biasa di gunakan di sekolahan.SXT ini dapat menjangkau sekitar 7km. ini Gmbr nya

penggunaan SXT juga menggunakan  menggunakan Aplikasi Winbox yang biasa digunakan setiap hari di sekolahan. kabel yang digunakan untuk menghubungkan SXT dengan laptop adalah kabel POE ,
                 
 Kabel POE (Power Over Ethernet)PoE biasa di pakai untuk Access Point (AP) yang pasti di taruh di tempat yang tinggi dan biasanya jauh dari jack listrik,pada kabel POE ada beberapa warna .Warna putih orange ,orange ,putih hijau ,hijau digunakan untuk transfer riset data.
Saat kita setting melalui winbox kita tidak perlu memasukan Password karena belum terdaftar .Lalu kita setting jarinagn melalui winbox Ini sedikit langkah 1.buka wireless aktifkan Pada  tx dan rx akan berjalan jika jaringan sudh terhubung. Juga dijelaskan mengenai Station yang sebagai penerima data yang baik.


 Tanggal 07 Januari 2016 (kamis) 

Kamis, kita diberi materi mengenai ANTENA ,kawat atau seperangkat sistem kawat untuk memancarkan atau menangkap isyarat gelombang radio atau televisi . Namun Disini saya akan membahas antena yang dipasng di atas tower pada jaringan internet kawan. . . .
yuk ikuti lagiyy....
Kemarin saya dijelaskan mengenai antena AIR GRID lihat ini gambarnya guys biar ga bosen ...nah ini apa antenanya?

Antena ini berfungsi untuk memfokusan sinyal dan menangkap sinyal .Air Grid atau Antena Grid adalah Antena yang digunakan untuk Mengirim, Menerima dan memperkuat signal Wireless melalui Koneksi Point To Point dan Point To Multi Point.   
Antena ini merupakan salah satu antena wifi yang populer. Sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik tertentu sesuai pemasangannya.
Antena Grid memiliki 2 Varian yang berbeda Frekuensi yaitu :
- Antena Grid 2,4 Ghz
- Antena Grid 5,8 Ghz
Frekuensi tersebut adalah ukuran / kapasitas Antena tersebut dalam memancarkan signal baik menerima maupun mengirim  .
Nah simak baik baik ya ini?
Antena Grid mampu mengirim signal internet sejauh 15 Km atau lebih, itu tergantung pada area sekitar karena bila terdapat banyak penghalang misal Pohon Kelapa, Bangunan, Pepohonan dll maka bisa jadi signal tersebut tidak sampai 15 KM. Jadi jika anda akan memasang Antena Grid di Rumah atau Kantor anda pastikan area untuk antena ini tidak terhalang benda apapun karena jika tidak terhalang benda Antena Grid ini mampu mengirim signal mulai dari 15 - 25 km. 
Antena ini memilikk beberapa komponen,
                                   antena feed
    
                                                             grid

                                          rear hosting



yaahhh ituu bagian dari antena Air Grid.
Ini ada antena juga ,namanya antena omni

Fungsi antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (Pelepasan energy elektromagnetik ke udara / ruang bebas). Dan sebaliknya, antena juga dapat berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (Penerima energy elektromagnetik dari ruang bebas ) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. 
Antena Omni

Antena ini mempunyai sudut pancaran yang besar (wide beamwidth) yaitu 3600; dengan daya lebih meluas, jarak yang lebih pendek tetapi dapat melayani area yang luas Omni antena tidak dianjurkan pemakaian-nya, karena sifatnya yang terlalu luas se-hingga ada kemungkinan mengumpulkan sinyal lain yang akan menyebabkan inter-ferensi. antena omnidirectional mengirim atau menerima sinyal radio dari semua arah secara sama, biasanya digunakan untuk koneksi multiple point atau hotspot... ini bentuknyaa


Antena omni mempunyai sifat umum radiasi atau pancaran sinyal 360-derajat yang tegak lurus ke atas.Antena ini akan melayani atau hanya memberi pancaran sinyal pada sekelilingnya atau 360 derjat, sedamgkan pada bagian atas antena tidak memiliki sinyal radiasi.



 Yah,itu sedikit materi yang saya dapat dari kegiatan PKL ,mungkin akan bermanfaat bagi yang membaca blog ini ,,, Sekian dari saya Wassalamua'laikum wr.wb





#Irda




Tidak ada komentar:

Posting Komentar